Sabtu, 17 September 2016

Wawasan Kebangsaan


Wawasan Kebangsaan
Oleh Mahir Dwi N.


          Wawasan Kebangsaan terdiri dari dua kata yaitu wawasan dan kebangsaan. Wawasan adalah pengetahuan, sedangkan kebangsaan berasal dari kata dasar bangsa yang berarti sekelompok orang yang ada ikatan batin dengan tujuan atau cita-cita yang sama. Untuk cita-cita Bangsa Indonesia sendiri yaitu menciptakan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang erdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial / menciptakan keadilan dan kemakmuran yang sesuai dengan undang-undang.

Latar Belakang Sejarah

          Selama 300 tahun, perang kedaerahan terjadi di berbagai daerah. Perang yang dipimpin oleh pahlawan-pahlawan yang bertujuan untuk melawan penjajahan yang dilakukan oleh kolonial Belanda.
Perang kedaerahan yang dilakukan para pahlawan selama 300 tahun tidak berhasil karena adanya sifat kedaerahan yang masih sangat kental.

          Pada tanggal 20 Mei 1908 Bangsa Indonesia sepakat untuk berjuang sehingga munculah pergerakan nasional. Pergerakan sendiri berarti perjuangan dari suatu organisasi. Pergerakan Nasional adalah perjuangan secara bersama untuk tujuan Bangsa Indonesia. Faktor-faktor muncul adanya pergerakan nasional yaitu :
a. Eksternal
    kareana adanya imperalisme
b. Internal
    karena adanya persamaan nasib

          Akhirnnya pada tanggal 28 Oktober 1928 terciptanya supah pemuda. Kemudian tanggal 1 Juni 1945 muncul Ideologi Pancasila dan tanggal 17 Agustus 1945 terjadi proklamasi kemerdekaan. Bangsa Indonesia lahir berdasarkan Bhineka Tunggal Ika bukan berdasarkan perbedaan dan penindasan.

Indonesia memiliki sangat banyak Sumber Daya Alam, antara lain :
1. Tambang
2. Hutan
3. Industri
4. Pertanian
5. Perkebunan
6. Perikanan

          Permasalahan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia yaitu korupsi, nepotisme, kemiskinan, kerusakan, dan lain-lain. Penyebab dari munculnya permaslahan yang dialami oleh Indonesia yaitu :
1. Budaya negatif ditiru
2. Perubahan pola pikir
3. Terjadi perubahan budaya
4. Terjadi perubahan karakter anak bangsa
5. Tidak peduli dengan orang lain
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar